Senin, 04 Agustus 2014

Catu Daya variabel 0-12 V Max 3 Amp

  Catu daya atau sering kita kenal dalam bahasa Elektronika disebut Adaptor..yang memiliki fungsi untuk mensupply tegangan arus searah dengan nilai tegangan tertentu ke semua peralatan,rangkaian Elektronika..
Prinsip rangkaian catu daya yakni mengubah arus bolak balik(AC) menjadi Arus searah (DC),dengan perantara komponen penyearah yaitu Dioda.. sebuah arus bolak balik dapat disearahkan menjadi arus searah dengan komponen dioda tsb..
dibawah yaitu sebuah rangkain dasar penyearah arus ,pada rangkain ini belum bisa menghasilkan arus DC murni.
Penyearah setengah Gelombang(HALF WAVE)

.tapi stelah penambahan beberapa komponen rangkaian penyearah ini bisa menghasilkan arus searah DC yang murni..    
Penyearah Gelombang Penuh(FULL WAVE)

        itulah sedikit tentang prinsip utama rangkaian catu daya... tapi disini kita akan membahas tentang adaptor variabel yang menghasilkan tegangan variabel dari 0 volt sampai 12 volt dengan beban maksimal 3 Ampere.
  Kebanyakan Adaptor pengaturan tegangan sampai nilai NOL volt tidaklah mungkin,disini ane nyoba mengkonstruksikan sebuah catu daya yang bisa diatur tegangannya dari 0 sampai 12 Volt...untuk pengaturan tegangan keluaran bisa diatus dengan memutar VR1 jika Potensiometer berada apada level bawah maka tegangan keluaran sama dengan nol..
      untuk sobat yang ingin rangkaian catu daya ini mengeluarkan arus diatas 3 Ampere ,sobat bisa menghubungkan secara parallel transistor TIP41a (Q5)...dan komponen BR1 adalah Dioda Bridge(jembatan ) Atau bisa diganti dengan 4 buah dioda 5 amper 1N400x..

neh die Skema nye..








CN2 Untuk masukan tegangan 12 sampai 15 VAc dan CN1 adalah output tegangan dengan beban max 3 Amp..selamat mencoba...Awas memasang kaki ElCO 10.000 MicroFaradnya jangan terbalik..bisa MELEDAK cuy...hehe... pengalaman...

*Selamat BerExperiment*
-Salam Solder-


















Tidak ada komentar:

Posting Komentar