Senin, 04 Agustus 2014

Inverter 12Vdc to 220Vac

     Inverter 12 Vdc to 220Vac,  yakni sebuah rangkaian yang berfungsi mengubah sumber arus searah12 Volt DC (Direct Current) menjadi arus bolak balik 220 Volt AC (Alternate Current)..
didalam rangkaian ini saya mencoba menggunakan oscillator gelombang persegi (CMIIW)..yaitu Astable Multivibrator yang dihasilkan oleh sebuah IC timer Ne555 yang dimana IC jenis ini mudah didapat Di berbagai toko elektronik Diseluruh kota besar..

    

Tanpa basa basi lagi, nih rangkaiannya..

Astable Multivibratror


     Cara kerja rangkaian secara garis besar..berlangsungnya proses Charging & Discharging didalam sebuah IC lalu di kuatkan Arusnya dengan q1 dan q2 lalu masuk kedalam kumparan induksi yang mengubah arus searah tadi menjadi arus bolak balik. untuk mengubah frekuensi arus listrik tsb..sobat bisa menTRIM VR1 untuk Penentuan frekuensi arus listriknya..

 Graph yang ditunjukkan gelomabang yang dihasilkan dari IC timer 555 tsb



     Untuk T1 dapat digunakan Trafo adaptor Biasa yakni Trafo 0T (ZERO TAP) dan bisa juga menggunakan trafo CT (CENTER TAP) bisa yang 500mAmpere sampai 5Ampere yang tegangan primer 220 v dan sekundernya 9 sampai12 v ...pemasangannya trafonya,
1.Untuk Trafo 0T.. yang bertuliskan 0v hubungkan keterminal negatif dan 9v dihubungkan ke Emitor TIP41a..
2.Untuk Trafo CT.. yang bertuliskan CT hubungkan keterminal negatif  dan 9v dihubungkan ke Emitor TIP41a..


Dan untuk Rangkaian penguat Arusnya saya menggunakan Sistem Darlington Transistor dan hasilnya cukup lumayan bagus....pada pemasangan Tarnsistor TIP41a harus menggunakan sirip pendingin..agar tidak terjadinya overheating saat beban(load) tinggi melewati transistor tsb...

konfigurasi pin BD140



konfigurasi pin TIP41a


Buat sobat yang ga mau repot Langsung aja neh Lay Outnya + tata letak komponen nya...



         Satu lagi Inverter.12VoltDC To 2000Vac..Inverter jenis ini lumayan bahaya..yang udh pernah ane coba tegangan keluaranya cukup gede diatas 1000Volt...tidak dianjurkan untuk bermain main drengan alat ini,,Pada rangkaian ini menggunakan trafo Flyback Tv.,dan menggunakan 1 NPN transistor sebagai Oscillatonya... rangkaiannya cukup mudah untuk dirakit...maka dari itu langsung saja dirangkai Skemanya...!good luck..









Real Image of Inverter 12Vdc to 2000Vac




*Selamat BerExperiment*
-Salam Solder-
























Tidak ada komentar:

Posting Komentar