Senin, 04 Agustus 2014

Pemancar FM simple 87-108 MHZ


       Pemancar Fm... Orang mana yang ga senang.suaranya bisa muncul di RADIO FM yang biasanya ada disetiap HP,atau di radio radio didalem angkot or diwarkop pinggir jalan...  ,apalagi kalo kita bisa muter lagu yang kita suka plus ngasih salam salam buat temen dan sodara yang lg jauh dari kita, terus orang lain juga bisa dengerin..mantep tuh...berdasarkan Experiment yang udah ane kerjain..gw bikin pemancar FM hampir berpuluh puluh kali gagal mulu...mulai dari TRANSISTOR finalnya jebol lah,atau ANTENNA nya ga matching lah.dan terakhir KABEL COAXIALnya ga matching juga...Didalam sistem Pemancar RADIO ada beberapa unsur yang musti diperhatikan agar DAYA PANCAR radio bisa memuaskan..
1.Rangkaian Oscillator
namanya juga Oscillator udah pasti tugasnya membangkitkan signal berfrequensi tinggi..disini terjadi bangkitnya Frekuensi tinggi yang dihasilkan dari bergetarnya Rangkaian oscillator tadi..
bermacam macam rangkaian oscillator telah dikemukakan oleh para ilmuwan mulai dari;..
1.Oscillator Armstrong
2.Oscillator Collpits
3.Oscillator Hartley
4.Oscillator Kristal
5.Oscillator Clapp
banyak lagi dakhh...temuan temuan para ilmuwan ttg Oscillator ini..tapi disini ane bukan bahas begituan...
kita bahas ttg membuat pemancar FM,,kembali ke topik...=D
 Disini ane membuat sebuah rangkaian Oscillator tipe (a)Oscillator Collpits..dimana disini tingkat kestabilan dan harmoniknya lumayan rendah,dengan penambahan sedikit komponen.




.Langsung aja Ane kasih Rangkaiannya...

yang diatas schematic nya..
INPUT audio= masukan audio or musik ,lo bisa masukin suara lo tapi musti pake microphone dynamic...atau pake microphone condenser kalo yang ini musti pake rangkaian lagi..

Trus yang di bawah ini buat yang ga mau ribet ngerangkai jalur pcb... bisa langsung diprint di kertas kalender putih.dan diprint pake pring yang LASERJET ...trus kalo udah diprint lo taro diatas PCB polos trus lo setrika sampe tinta yang dikalender nempel ke PCB polos tadi...
             

FmTX_BYRifai






keterangan Lebih lengkap..




untuk MV 2209..adalah diode varractor guna penstabil Frequensi..dan untuk L1 adalah kawat diameter0,5 mm,  koker berdiameter 5 mm yang didalamnya ada inti ferit yang bisa diputar fungsinya untuk mengubah frekuensi Oscillator tsb.. dan L2,3 kawat berdiameter 0,5mm inti udara berdiameter 5 mm...



*Selamat BerExperiment*
-Salam Solder-








Tidak ada komentar:

Posting Komentar